Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
AINUN NAJIB (STUDENT ID : 3220180212)
WAHYU SETIA KUSCAHYANING PUTRI (LECTURER ID : 0710029103)
OLIVIA DWI CAHYANI (LECTURER ID : 0729098702)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Datestamp
2022-10-31 01:46:25
Abstract :
Modifikasi permainan adalah suatu usaha perubahan yang dilaksanakan berupa penyesuaian ? penyesuaian, baik dalam bentuk fasilitas, perlengkapan atau dalam suatu metode, gaya, aturan, dan modifikasi permainan merupakan suatu pendekatan yang dilakukan dengan menekankan kegembiraan, dan kemungkinan besar dapat meningkatkan dan mampu melaksanakan gerak motorik dengan benar. Motorik merupakan suatu komponen yang penting untuk menunjang suatu kegiatan aktivitas sehari-hari, baik bekerja,besekolah, perkuliahan maupun kegiatan olahraga. Dalam kegiatan sehari selain ditunjang oleh motorik yang baik, tetapi juga butuh suatu kebugaran tubuh yang baik pula agar dapat melakukan aktivitas dengan baik. Kebugaran merupakan kemampuan tubuh untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan fisik dan suatu mental yang berlebihan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modivikasi permainan rugby terhadap tingkat kemampuan motorik dan kebugaran jasmani siswa Kelas VIII MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon, Kecamatan Rengel,Kabupaten Tuban. Penelitian ini merupakan penelitia Pre eksperimen dengan desain one group pretest and posttest design, dimana Teknik pengambilan sempelnya adlah menggunakan purposive sampling, dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes lari 30 M, lari T test, dan VO2max. Teknik analisis data menggunakan Uji-t dengan taraf signifikansi 0,05
Hasil penelitian menunnjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan modifikasi permainan rugby terhadap tingkat kemampuan motorik dan kebugaran jasmani siswa MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon. Dengan nilai probabilitas atau sig = 0,000 (sig <0,05), maka H1 diterima nilai rata-rata postest motorik lebih tinggi daripada nilai pretest motorik (104,35 > 93,20 ) dan untuk rata-rata posttest kebugara juga lebih tinggi daripada rata-rata pretest (32,48 > 29,22). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modifikasi permainan rugby memberikan pengaruh terhadap tingkat kemampuan motorik dan kebugaran siswa MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon dengan peningkatan untuk kemampuan motorik sebesar 11,15 % dan untuk kebugaran sebesar 3,26 %.
Simpulan dalam penelitian ini adalah modifikasi permainan rugby berpengaruh terhadap tingkat kemampuan motorik dan kebugaran jasmani siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Ulum Pekuwon, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban