DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PASSING BAWAH” ( Studi Eksperimen Siswa SMP Ar-roudloh Soko )
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Ma'arif, Rohmatulloh
Olivia Dwi Cahyani (LECTURER ID : 0729098702)
Hasan Saifuddin (LECTURER ID : 0716039801)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 
Datestamp
2022-10-31 01:54:13 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar keterampilan passing bawah ( Studi Eksperiment Siswa SMP Ar-Roudloh Soko ) kelas 7 dan 8, penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest design, di mana teknik pengambilan sampelnya adalah menggunakan purposive sampling, dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes passing bawah teknik analisis data menggunakan Uji-t dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah ( Studi Eksperiment Siswa SMP Ar-roudloh Soko ) dengen nilai probabilitas atau sig = 0,000 (sig <0,05), maka diterima nilai rata-rata pos test passing bawah lebih tinggi dari pada nilai pre test passing bawah siswa kelas 7 ( 17.42 > 73,55) dan untuk rata-rata post test passing bawah lebih tinggi dari pada rata-rata pre test passing bawah siswa kelas 8 ( 18,62 > 67,24 ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Bawah ( Studi Eksperiment Siswa SMP Ar-roudloh Soko ) dengan peningkatan untuk kelas 7 sebesar 56,13% dan untuk kelas 8 sebesar 48,98%. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri