DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Matematis Dan Minat Belajar Siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
YULIYATI YULIYATI (STUDENT ID : 3420180050)
NANING KURNIAWATI (LECTURER ID : 0718098503)
ASTRID CHANDRA SARI (LECTURER ID : 0721059101)
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2022-10-31 03:02:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan Realisctic Mathematics Educaion (RME) terhadap pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa kelas VII A SMPN 1 Sukosewu. Materi yang digunakan ialah aritmatika social. Pertama memberikan pre test sebelum dilakukan perlakuan dan diberikan post test setelah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata peserta didik pre test adalah 52,08 kemudian pada akhir pembelajaran nilai rata-rata post test meningkat menjadi 88,01. Selanjutnya dilakukan penyebaran angket/kuisioner yang dilakukan kepada siswa kelas VII A untuk melihat bagimana peminatan siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkannya model pembelajaran Realistic mathematics Education (RME). Untuk melihat peminatan siswa kelas VII A peneliti hanya meneliti 1 kelas yang sebelumnya akan diberikan tes awal (pre test) terlebih dahulu dan setelahnya diberikan perlakuan dengan menggunakan Model pembelajaran RME disusul dengan diberikan tes akhir (post test). Adapun persepsi hasil angket minat belajar yang di peroleh dari pengisian angket ini terdapat peningkatan yang baik dari 60,28 untuk pre test nya menjadi 81,06 untuk nilai post test nya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan model realistic mathematic education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan minat belajar siswa siswa. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri