Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
SILVIA FIRGIYANI AGUSTINA (STUDENT ID : 3320180127)
Riski Putra Ayu Distira (LECTURER ID : 0702019301)
Agus Afriliyanto (LECTURER ID : 0716048904)
Subject
158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Datestamp
2022-11-01 01:51:54
Abstract :
Kecerdasan moral adalah kemampuan memahami hal yang benar dan yang salah, artinya memiliki keyakinan etika yang kuat dan bertindak berdasarkan keyakinan tersebut, sehingga orang bersikap benar dan terhormat. Dengan kondisi generasi muda saat ini yang sering melakukan tindakan kenakalan remaja, maka generasi muda saat ini perlu adanya pelayanan untuk menumbuhkan kecerdasan moral. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Role Playing Terhadap Kecerdasan Moral Siswa SMK Negeri Purwosari. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa di SMK Negeri Purwosari dengan jumlah populasi 503, penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil 83 sampel. Pengumpulan data menggunakan metode skala kecerdasan moral dan observasi. Data analisis menggunakan uji normalitas Shapiro Wilk dan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cronbach,uji paired sample T-test dengan bantuan SPSS 2.6. hasil penelitian menunjukkan 0,000 (sig < 0,05) pada kecerdasan moral yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa ditemukan adanya perbedaan signifikan atau peningkatan tingkat kecerdasan moral dengan penerapan bimbingan kelompok teknik role playing pada siswa SMK Negeri Purwosari.