Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
INAYATUR ROHMAH (STUDENT ID : 20185501480202)
M. Tsaqibul Fikri (LECTURER ID : 2108089201)
Siti Labiba Kusna (LECTURER ID : 212001872)
Subject
207 Misi dan pendidikan agama
Datestamp
2022-11-04 01:47:31
Abstract :
Perkembangan bahasa anak menjadi hal penting yang harus dilakukan.Salah satunya kemampuan anak untuk berbicara, berbicara merupakan cara yang dilakukan oleh manusia untuk berkomunikasi dan berbagi informasi. Namun ada beberapa kendala yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak salah satunya yaitu speech delay (keterlambatan berbicara) yang disebabkan kurangnya stimulasi bahasa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi dini speech delay
(keterlambatan berbicara) anak dengan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Yang berlokasi di TK Islam AN NNUR Purwosari. Dengan subjek kepala sekolah, guru kelas, peserta didik dan walimurid.
Diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan metode bercerita mampu mendeteksi anak yang terlambat bicara dan mampu menstimulasi perkembangan Bahasa anak.Kegiatan bercerita ini juga mampu menambah kosa kata anak agar lancar dalam berbicara atau berkomunikasi dengan orang.