Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
KHOIRIATUL FADHILAH (STUDENT ID : 201655010104131)
ULVA BADI’ RAHMAWATI (LECTURER ID : 2108088801)
Subject
150 Psikologi (ilmu jiwa)
Datestamp
2022-05-19 04:55:00
Abstract :
Pendidikan pada hakikatnya suatu kegiatan yang secara sadar dan disengaja, serta penuh tanggung jawab yang dilakukan oleh orang dewasa kepada anak sehingga timbul interaksi dari keduanya, agar anak tersebut mencapai kedewasaan yang dicita-citakan dan berlangsung terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha guru melatih mental siswa di hadapan masyarakat melalui penerapan metode peer teaching pada mata pelajaran al qur?an hadits di madrasah tsanawiyah al amiriyah belun temayang bojonegoro. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yakni penelitian yang berusaha untuk memecahkan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, menganalisis, dan menginterpretasi data. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dari hasil peneliatian tentang usaha guru melatih mental siswa di hadapan masyarakat melalui penerapan metode peer teaching pada mata pelajaran al qur?an hadits di madrasah tsanawiyah al amiriyah belun temayang bojonegoro, bahwa pembiasan mental melalui program ? program agama yang ada di madrasah, dapat merubah kebiasaan mereka ketika berhadapan langsung dengan masyarkat lebih baik. Adapun proses peneguran pembiasaan melalui, peringatan, sanksi, dan kemudian melalui pertemuan wali murid. Dengan proses pembiasaan pembinaan mental dengan metode peer teaching diharapkan peserta didik ampu memiliki sikap yang lebih baik lagi, etika dan sopan santun nya ketika langsung berhadapan dengan masyarakat, teman sebaya ataupun dengan guru.