DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) SALAFIYAH SYAFIIYAH DESA/KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
LAELATUL MUTOHHAROH (STUDENT ID : 201655010104080)
M. Jauharul Ma’arif (LECTURER ID : 2128097201)
Subject
297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 
Datestamp
2022-05-19 07:30:33 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas guru yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, karena dengan kreativitas guru dalam mengelola pembelajaran akan membuat proses pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Jika proses pembelajaran menarik dan menyenangkan maka akan meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa semakin faham mengenai materi yang disampaikan dan berdampak pada peningkatan hasil belajar di madrasah tsanawiyah salafiyah syafiiyah sukosewu. Adapun masalah-masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana kreativitas guru Fiqih di MTs Salafiyah Syafiiyah Sukosewu? 2) Bagaimana hasil belajar Fiqih siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Sukosewu? 3) Adakah pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar Fiqih di MTs Salafiyah Syafiiyah Sukosewu? Tujuan penelitian ini untuk: 1) Untuk mengetahui kreativitas guru fiqih di MTs Salafiyah Syafiiyah Sukosewu. 2) Untuk mengetahui hasil belajar Fiqih siswa di MTs Salafiyah Syafiiyah Sukosewu. 3) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar Fiqih di MTs Salafiyah Syafiiyah Sukosewu. Metode penelitian digunakan melalui pendekatan kuantitatif, jenis deskriptif kuantitatif. Teknik pengmpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan rumus statistic korelasi product moment. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: dilihat dari hasil perbandingan antara koefisien korelasi ro (r observasi ) dengan nilai dalam tabel rt (r tabel) pada taraf signifikasi 5% maupun 1% dan pada signifikasi 5% ro > rt (0,0858 > 0,4555), demikian pula pada taraf signifikasi 1% ro > rt (0,0858 > 0,5285). Oleh karena ro > rt berarti ro signifikan, baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1% sebagai konsekuensinya hipotesis kerja (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara penggunaan kreativitas guru terhadap hasil belajar fiqih siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syaf 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri