DETAIL DOCUMENT
STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR SISWA LULUSAN SD DAN MI DALAM PELAJARAN PAI DI KELAS VII MTS AMPEL BANJAREJO SUMBERREJO BOJONEGORO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
LATIFATUL QUBRO (STUDENT ID : 201655010104082)
Ahmad Manshur (LECTURER ID : 2122037701)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 
Datestamp
2022-05-19 07:47:33 
Abstract :
Pendidikan merupakan proses yang sangat mempengaruhi kepribadian seseorang. Pendidikan paling awal adalah pendidikan dasar yaitu pada tingkat SDMI, di mana pendidikan ini adalah pendidikan yang melandasi pendidikan selanjutnya yaitu pada tingkatan SMP-MTs. Pendidikan dasar bertujuan untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga negara dan anggota umat manusia serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah. Baik pada SD maupun MI memiliki kurikulum yang sama dan juga jam pengajarannya pun sama. Selain mengajarkan pelajaran seperti pada SD juga ditambah pelajaran yang berkenaan dengan agama yaitu Al-Qur?an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dan hal itu akan mempengaruhi pendidikan siswa pada tingkat selanjutnya. Atas dasar latar belakang inilah peneliti merasa penting untuk melakukan penelitian ini dengan maksud untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa lulusan SD dan MI. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VII MTs Ampel Banjarejo Sumberrejo Bojonegoro dan peneliti berusaha menemukan perbedaan prestasi belajar siswa lulusan SD dan MI pada lokasi tersebut. Temuan data hasil penelitian menunjukkan bahwa diantara keduanya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dapat dilihat menggunakan teknik komparasi, ternyata dari data yang ada t hitung adalah -0,121, bila dimasukkan pada pernyataan bahwa apabila t hitung lebih besar daripada nilai ?t tabel?, ini menunjukkan bahwa perbedaan tersebut signifkan, dan sebaliknya apabila ?r hitung? lebih kecil dari ?r tabel? itu artinya tidak ada perbedaan yang signifikan. Dalam hal ini ?t hitung? -0,121< ?t tabel 5%? 2,05 dan ?t hitung? -0,121< ?t tabel? 2,76. ?t hitung? ternyata lebih kecil dari ?t tabel?, dan dapat disimpulkan bahwa keduanya tidak memiliki perbedaan prestasi belajar pada pelajaran pendidikan agama islam. Dari penelitian ini disarankan agar setiap sekolah yang memiliki siswa lulusan SD maupun MI untu 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri