Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
LISA EKA SULIS TIOWATIS SHOLIKHAH (STUDENT ID : 2014550103684)
SRI MINARTI (LECTURER ID : 2110027101)
Subject
297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Datestamp
2022-05-20 02:21:52
Abstract :
Penerapan metode Kisah bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, dengan metode tersebut selain bisa cepat mengena di hati, para siswa juga tidak mudah membuat bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran berdasarkan pada konsep pendidikan Islam, kemudian penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melalui empat langkah metode. langkah pertama; Observasi, mengamati segala kegiatan belajar mengajar, identifikasi kebutuhan pembelajaran, juga mengamati materi pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, langkah kedua; Wawancara, mewawancarai Guru dan Siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang telah peneliti amati. Langkah ketiga; Cacatan lapangan, mencatat dan menyusun langsung segala apa yang telah diamati dan diwawancarai dalam penelitian agar tidak lupa dan tercampur dengan informasi lain. Langkah keempat; Dokumentasi, mendokumentasikan segala sesuatunya baik berbentuk data yakni antara lain data administrasi, data pendidik, peserta didik dan data gambar pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Kisah dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Hidayatul Islamiyah Bumirejo Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro ?cukup? efektif. Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran itu efektif yaitu antusiasme siswa selama proses pembelajaran, keaktifan siswa dan hasil evaluasi yang semakin meningkat. Selain itu sekolah juga memainkan peranannya sebagai lembaga pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.