DETAIL DOCUMENT
EFEKTIFITAS METODE RESITASI DAN METODE CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK AL-KHIKMAH SOKOSARI SOKO TUBAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
MOCHAMAD ROFIQ AL-AZIS (STUDENT ID : 201655010104122)
IMROATUL AZIZAH (LECTURER ID : 2011087302)
Subject
297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai 
Datestamp
2022-05-24 03:51:40 
Abstract :
Tercapainya tujuan pembelajaran diperlukan metode-metode yang sesuai. Upaya guru untuk memilih metode yang tepat dalam mendidik peserta didiknya haruslah disesuaikan dengan tuntutan peserta didik, guru harus mengusahakan agar pelajaran yang diberikan kepada peserta didiknya mudah diterima. Tidaklah cukup dengan bersikap lemah-lembut saja, gurupun harus memikirkan metode-metode yang akan digunakannya, seperti memilih waktu yang tepat, materi yang cocok, pendekatan yang baik, efektifitas penggunaan metode dan sebagainya. Untuk itu seorang guru dituntut agar memperlajari berbagai metode yang digunakan dalam mengajarkan suatu mata pelajaran, seperti metode resitasi dan ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana pembelajaran PAI di SMK Al-Khikmah Sokosari Soko Tuban. (2) Bagaimana penerapan metode resitasi dan metode ceramah dalam pembelajaran PAI di SMK Al-Khikmah Sokosari Soko Tuban (3) Bagaimana efektifitas metode resitasi dan metode ceramah dalam pembelajaran PAI di SMK Al-Khikmah Sokosari Soko Tuban Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Field Research atau penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran PAI di SMK Al-Khikmah seperti pada pembelajaran PAI pada umumnya, tetapi di sini lebih di tekankan untuk berimplementasi dari pada harus mendengarkan ceramah guru di dalam kelas, selain belajar ilmu kejuruan mereka harus paham juga terkait ilmu Pendidikan Agama Islam untuk menjaga aqidah peserta didik dalam situasi dan kondisi apapun. Penelitian ini melibatkan kegiatan proses pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi dan ceramah dalam pelajaran Al-Qur?an Hadist. Dalam penerapannya pendidik harus melalui 3 tahapan yakni: perencanaan atau pemberian tugas, pelaksanaan tugas dan penelitian evaluasi tugas, walaupun penerapannya harus sedemikian tidak menjadi alasan pendidik untuk tidak menerapkan metode tersebut, hasil penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan daya ingat siswa yang baik karena dalam mata pelajaran Al-Qur?an Hadist 90% berisikan ayat-ayat Al-Qur?an. Maka dengan menerapkan metode resitasi dan ceramah menjadikan aktivitas belajar siswa lebih aktif pada pembelajaran Al-Qur?an Hadist di kelas XI-XII yang berjalan baik dan lancar. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri