Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
MUHAMAD BANJAR KHARUNIA MUSTOFA (STUDENT ID : 201655010104158)
YOGI PRANA IZZA (LECTURER ID : 0731127601)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Datestamp
2022-05-25 04:37:54
Abstract :
Dunia tengah memasuki era revolusi industri 4.0. atau revolusi industri
dunia ke-empat dimana teknologi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia.
Segala hal menjadi tanpa batas dan tidak terbatas akibat perkembangan internet
dan teknologi digital. Era ini telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan baik di
bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni, dan bahkan sampai ke dunia
pendidikan. Oleh sebab itu, prestasi belajar khususnya bidang PAI siswa perlu di
perhatikan agar siswa mampu menjadi manusia religius dan berilmu tinggi.
Permasalahan peneliti di rumuskan sebagai berikut; a). Bagaimana
Revolusi Industri 4.0 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro?, b).
Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas XI (RPL)
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro?, c). Adakah pengaruh
revolusi industri 4.0 terhadap prestasi Pendidikan Agama Islam siswa Kelas XI
Jurusan (RPL) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro?.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah; a). Mengetahui pengaruh revolusi
Industri 4.0 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro. b). Mengetahui
prestasi belajar pendidikan agama islam siswa Kelas XI (RPL)Sekolah Menengah
Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro. c).Mengetahui pengaruh revolusi industri
4.(RPL) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu; 1) Observasi, 2), Dokumentasi 3) Angkaet, Sebagai bagian
dari angket 27 siswa menjadi sampel dari populasi sebanyak 108 siswa kelas XI
(RPL) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro. Selanjutnya untuk
mengetauhi pengaruh Revolusi Industri 4.0 terhadap Prestasi Belajar
menggunakan metode analisis statistic Produc Momen. Dan dari hasil rumusan
tersebut, maka di ketauh bahwa ?r? sebesar ?. Dengan melihat taraf
signifikansi, baik Pengaruh revolusi industri 4.0 terhadap prestasi belajar
pendidikan agama islam (PAI) siswa kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Bojonegoro.