DETAIL DOCUMENT
PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP ISLAM TEMAYANG DAN SMP NEGERI 1 TEMAYANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
KHAFIF AHMARUDDIN (STUDENT ID : 2019210028)
YOGI PRANA IZZA (LECTURER ID : 731127601)
ARI ABI AUFA (LECTURER ID : 2107057802)
Subject
371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 
Datestamp
2022-06-28 04:31:11 
Abstract :
Sekolah yang unggul pasti mempunyai program dan budaya yang kuat dalam mencetak siswa yang berkarakter khususnya karakter religius. Sekolah dinilai sebagai wadah yang cukup efektif untuk menguatkan karakter religius remaja, disamping ada pengaruh kuat dari karakter keluarga, warga sekitar di lingkungannya dan teman sejawatnya. Diharapkan sekolah mampu berperan penting dalam meminimalisir degradasi moral dan banyaknya kenakalan dan kasus kriminal yang menyasar kalangan remaja. Karakter religius merupakan satu hal yang sangat penting untuk dibahas. Seseorang tidak cukup hanya berilmu pengetahuan saja, tapi juga harus disertai karakter religius yang baik. Dengan karakter religius warganya yang baik akan mudah bagi suatu negara untuk menjadi negara yang rukun, maju dan berdaya saing tinggi. Dalam tesis ini akan memusatkan perhatian pada aspek usaha sekolah dalam menguatkan karakter religius siswa, apakah usaha sekolah ini dapat berperan penting dalam menguatkan karakter religius siswa, sehingga terwujudlah sekolah yang efektif, unggul, dan kompetitif sehingga menjadi sekolah pilihan masyarakat, disamping juga sebagai problem solving kenakalan remaja. Obyek penelitian ini adalah sekolah-sekolah yang berazaskan religi juga sekolah umum negeri, yaitu SMP Islam Temayang dan SMP Negeri 1 Temayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu jenis penelitian yang menghasilkan temuan-temuan yang tidak diperoleh oleh alat-alat prosedur statistik atau alat-alat kuantifikasi lainnya. Penelitian kualitatif ini ditandai dengan penekanan pada penggunaan non-statistik, khususnya dalam proses analisa data hingga dihasilkan temuan-temuan secara alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha sekolah menguatkan karakter religius siswa lewat strategi penguatan budaya religius sekolah terlihat cukup efektif dan berfungsi baik dalam menguatkan karakter religius siswa, yang endingnya sekolah akan menjadi unggul dan kompetitif secara teoritis, praktis, dan analisis faktual. Dimensi-dimensi usaha sekolah meliputi dimensi program keagamaan, kedisiplinan, perilaku/ karakter dan tata tertib, didukung dengan dimensi filosofi berupa visi-misi & tujuan pendidikan. Karakter religius dapat membangun generasi yang santun dan berprestasi, sehingga semua itu dapat membawa Lembaga Pendidikan menjadi lebih berkualitas sebagaimana yang diterapkan di SMP Islam Temayang dan SMP Negeri 1 Temayang 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri