Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
MUHAMMAD NUR AMIN (STUDENT ID : 3320170053)
Zeti Novitasari (LECTURER ID : 0711118702)
Naning Kurniawati (LECTURER ID : 0718098503)
Subject
155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Datestamp
2022-06-27 01:35:35
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya Self awwarnes siswa kelas VIII SMP Unggulan Al Falah yang ditandai dengan perilaku seperti kurang bisa memahami dirinya , kurang percaya d iri ketika maju kedepan , kurang memahami lingkungan , hal ini berdasarkan hasil observasi, wawancara serta penyebaran angket s e kala Self Awwarness sebagai pre - test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Keefektifan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningka tkan Self Awwarness Siswa Kelas 8 SMP Unggulan Al Falah . Kemampuan self awwarnes setelah diberikan layanan bimbingan melalui teknik sinema edukasi mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi. Semua indikator kemampuan self awwarnes mengalami pening katan. Terdapat perbedaan kemampuan self awwarnes siswa sebelum dan setelah diberikan teknik sinema edukasi . Sehingga dikatakan bahwa pemberian layanan bimbingan melalui teknik sinema edukasi dapat meningkatkan kemampuan self awwarnes siswa kelas VIII SMP Unggulan Al Falah . Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan experimen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian P ra eksperiment ( pre - experimen tal ) dengan desain one group pretest ? posttes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Uggulan Al Falah Tahun Ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui instrumen Self Awwarnes . Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membandingka n nilai pre test dan post test. Hasil penelitian ini menu njukkan bahwa Self Awwarnes siswa kelas VIII S MP Unggulan AL Falah sebelum diberikan perlakuan dengan teknik sinema edukasi berada pada kategori rendah dengan presentase 53 % dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik sinema edukasi mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata - rata 85 %, perbandingan antara hasil presentase siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan rata - rata 30 %.