Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
TAUFIK HIDAYAT (STUDENT ID : 2019210012)
SRI MINARTI (LECTURER ID : 2110027101)
AHMAD MANSHUR (LECTURER ID : 2122037701)
Subject
370 Pendidikan
Datestamp
2022-06-23 09:21:16
Abstract :
Visi merupakan gambaran tentang masa depan yang realistik dan ingin diwujudkan dalam kurun waktu tertentu. Misi merupakan suatu bentuk pernyataan umum tetapi bersifat lestari oleh manajemen puncak yang mengandung niat organisasi yang bersangkutan. Karakter peduli lingkungan merupakan perwujudan dari sikap manusia terhadap lingkungan berupa tindakan dalam kehidupan seharihari yang merupakan upaya untuk mencegah rusaknya lingkungan alam di sekitarnya, serta berusaha untuk memperbaiki segala kerusakan alam yang sudah terjadi, jangan sampai lingkungan di biarkan begitu saja tanpa adanya pemeliharaan dan pembaruan. Sekolah merupakan sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan pendidik atau guru.
Penelitian ini bertujuan mengetahui urgensi visi misi berdasarkan Iman dan Taqwa dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SMP N 1 Waru Dan SMP N 2 Waru Sidoarjo, dengan fokus penelitian: (1) Konsep Visi Misi (2) Implementasi Visi Misi (3) Hasil Evaluasi Visi Misi Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Di SMP N 1 Waru Dan SMP N 2 Waru Sidoarjo.
Pendekatan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif (qualitatif reseach) dengan menggunakan metode deskriptif analistis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman, yang membagi langkah-langkah dalam kegiatan analisis data dengan beberapa bagian yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions). Pengecekkan keabsahan temuan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode serta ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu Stakeholder, Guru PAI, Dan Siswa Kelas IX SMP N 1 Waru Dan SMP N 2 Waru Sidoarjo.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dilapangan dapa disumpulkan bahwa:
(1) konsep visi misi dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SMP N 1 Waru Sidoarjo adalah pembiasaan budaya sekolah yaitu peduli lingkungan dengan menggunakan metode Character Based Learning, sedangkan di SMP N 2 Waru Sidoarjo menggunakan konsep Green Based Learning merupakan konsep pendidikan karakter melalui green school environment. (2). Implementasi visi misi dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di SMP N 1 Waru dalam melaksanakan implementasi karakter peduli lingkungan melalui visi misi, menggunakan strategi habituasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah sedangkan SMP N 2 Waru dalam melaksanakan implementasi karakter peduli lingkungan melalui visi misi menggunakan strategi peduli lingkungan dan mewujudkan (Green Based Learning). (3). Hasil evaluasi visi misi dalam membentuk karakter peduli lingkungan di SMP N 1 Waru Sidoarjo menerapkan kedisiplinan khususnya untuk Guru agar menjadi contoh yang baik untuk semua warga sekolah khususnya peserta didik, adapun aspek lain yaitu menjaga relasi baik dengan masyarakat dan juga mengadakan prasarana yang menunjang dan memadai.
Sedangkan di SMP N 2 Waru Sidoarjo melakukan pengarahan di dalam sekolah (internal) dan di luar sekolah (eksternal). Untuk didalam sekolah melakukan kebiasaan dan keteladanan terutama kepada peserta didik. Sedangkan di luar sekolah memberikan pengarahan kepada keluarga siswa dan masyarakat sekitar.