Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
Nafidatul Ulumiyah (STUDENT ID : 3420170018)
Utama Nurul Ilmiyah (LECTURER ID : 0712078703)
Ismanto Ismanto (LECTURER ID : 0709108004)
Subject
371.26 Examinations and Tests/Ujian Akademik, Tes Akademik
Datestamp
2022-06-29 04:00:33
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar yang diperoleh peserta didik MTs Bahrul Ulum Gayam yang masih rendah, yaitu terdapat 30% dari keseluruhan peserta didik yang nilainya dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), dan proses pembelajaran peserta didik di kelas masih terpusat pada guru. Oleh karena itu penelitian ini dilaksanakan dengan penerapan model pembelajaran tipe STAD yang bertujuan agar dapat mengetahui hasil belajar peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran dengan tipe STAD, dan respon peserta didik terkait pembelajaran tersebut. Terbukti dengan hasil belajar melalui Tes Soal HOTS yaitu dari 17 peserta didik, terdapat 2 peserta didik yang memiliki kemampuan berfikir rendah atau 11,76%, 12 peserta didik yang memiliki kemampuan berfikir sedang atau 70,58% dan 3 peserta didik yang memiliki kemampuan berfikir tinggi atau 17,64%. Adapun keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, yaitu pada pembelajaran pertama dengan presentase 3,53% dan pada pembelajaran kedua dengan presentase 3,60%. Sedangkan untuk check list respon peserta didik diperoleh hasil sangat kuat dengan presentase 89,92%. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok dapat memperoleh hasil belajar yang baik dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS pada peserta didik kelas VIII A MTs Bahrul Ulum Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Bentuk Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik berhasil.