Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
Author
LAELA NUR ISTIKHOMAH (STUDENT ID : 20165501260132)
M. Romadlon Habibullah (LECTURER ID : 2109058801)
Midya Yuli Amreta (LECTURER ID : 2130079101)
Subject
370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Datestamp
2022-06-29 11:28:35
Abstract :
Karakter seseorang akan berkembang apabila mendapat pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Salah satu lingkungan yang dapat mempengaruhi karakter seseorang adalah lingkungan sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif bagi pembentukan atau penguatan karakter individu. Salah satunya karakter kedisiplinan. Penting penguatan nilai karakter kedisiplinan didasarkan pada alasan bahwa sekarang banyak terjadi perilaku menyimpang yang bertentangan dengan norma kedisiplinan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pendidikan karakter kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan pendidikan kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari hasil observasi lapangan, hasil wawancara dan beberapa dokumen yang peneliti peroleh dengan menggunakan teknik penggumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif yang meliputi prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan melalui ketekunan pengamatan, kecukupan bahan referensial dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan proses penerapan nilai karakter kedisiplinan di SD Muhammadiyah 2 Bojonegoro dilakukan melalui standart operasional prosedur (SOP) untuk guru dan tata tertib untuk siswa serta pembiasaan dan keteladanan dari gurunya. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam proses atau pelaksanaan penerapan karakter kedisiplinan masing-masing mempunyai faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari diri sendiri sedangkan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Adapun nilai karakter kedisiplinan yang sangat menonjol yang ditanamkan hampir semua kegiatan adalah disiplin antri.