Abstract :
Pekerjaan seorang perawat merupakan pekerjaan yang memiliki hubungan
langsung dengan berbagai macam pasien dengan diagnosa penyakit dalam respon
yang berbeda-beda, sehingga berdampak kelelahan kerja berdampak pada
keseimbangan biologis, proses psikologis dan kognitif dan penurunan kualitas
pelayanan kepada konsumen. Tujuan penelitian mengetahui hubungan kelelahan
kerja dengan kualitas pelayanan keperawatan RS. Manyar Medical Centre .
Metode penelitian yang digunakan kuantitif dengan pendekatan penelitian
adalah cross-sectional. Populasi perawat sebanyak 30 perawat inap dan 30 pasien
di Rumah Sakit Manyar Medical Centre Surabaya. dengan teknik sampling yang
digunakan total sampling. Alat pengumpulan data adalah kuesioner. Analisa data
menggunakan teknik analisis chi-square dan nilai ? : 0.05
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (53,3%) perawat mengalami
lelah kerja dan sebagian besar (56,7%) kualitas pelayanan keperawatan baik. Hasil
pengujian kelelahan kerja dengan kualitas pelayanan keperawatan didapatkan ?
value 0.006 < 0.05. Sehingga Ho ditolak : ada hubungan kelelahan kerja dengan
kualitas pelayanan keperawatan di Rumah sakit Manyar Medical Centre .
Diharapkan dengan adanya penelitian ini pengetahuan perawat harus lebih
ditingkatkan lagi untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan yang
professional