Abstract :
Kasus keterlambatan perkembangan anak terutama perkembangan
bahasa sangat rentan sekali terjadi pada usia prasekolah, dimana
perkembangan anak harus diperhatikan sebaik mungkin agar dapat memiliki
perkembangan yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan
pola komunikasi keluarga dengan perkembangan bahasa pada anak usia
prasekolah di KB Kuncup Harapan 3 Surabaya.
Desain penelitian analitik jenis observasional dengan pendekatan cross
sectional. Populasi penelitian adalah orang tua yang memiliki anak bersekolah
di KB Kuncup Harapan 3 Surabaya sebanyak 25 dan jumlah sampel sebanyak
23 responden diambil menggunakan simple random sampling. Variabel
independen yaitu pola komunikasi keluarga dan Variabel dependen yaitu
Perkembangan Bahasa pada anak usia dini. Pengumpulan data menggunakan
kuisioner dan dianalisis menggunakan Uji Chi Square dengan tingkat
kemaknaan P<0,05.
Hasil penelitian menunjukkan dari 23 responden sebagian besar (65,2%)
memiliki pola komunikasi Baik dan sebagian besar (56,6%) mengalami
perkembangan bahasa yang Sesuai. Analisa uji Chi Square didapatkan nilai
signifikansi P 0,008<0,05 maka H0 ditolak yang artinya ada Hubungan Antara
Pola Komunikasi Keluarga Dengan Perkembangan Bahasa
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna
antara pola komunikasi keluarga dengan perkembangan bahasa pada anak usia
prasekolah. Oleh karena itu bila orang tua memilki komunikasi yang baik
maka perkembangan bahasa pada anak akan mengalami perkembangan bahasa
yang sesuai dengan perkembangan anak.