Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan merupakan kesesuaian pelayanan kesehatan
menggunakan sumber daya yang ada secara baik dan sesuai dengan standar
profesi, sehingga kebutuhan konsumen dan tujuan untuk derajat kesehatan yang
optimal dapat tercapai. Pelayanan kesehatan, baik di rumah sakit, puskesmas,
atau institusi pelayanan kesehatan lainnya adalah sistem yang terdiri dari
berbagai komponen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dengan
yang lain. RS Islam Surabaya ialah salah satu rumah sakit yang ada di Surabaya,
rendahnya kepuasan pasien di beberapa rawat inap menyebabkan perlunya di
lakukan penelitian terkait bagaimana meningkatkan kepuasan pelanggan di
ruang layanan rawat inap. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data
sekunder dari unit humas dan pemasaran dari bulan September ? Desember
Tahun 2021 sebanyak 111 pasien. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien rawat
inap di Rumah Sakit Islam Surabaya.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional. Pendekatan yang digunakan karena variabel bebas
(independent variabel) dan variabel terikat (dependent variabel) dikumpulkan
dalam waktu yang bersamaan dengan metode sistematic random sampling.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Mutu Pelayanan Kesehatan
dari segi Reliability (keandalan), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance), empati (empathy), dan Bukti fisik / bukti langsung (tangible) di
Rumah Sakit Islam Surabaya adalah sangat bermutu. Tingkat Kepuasan Pasien
di Rumah Sakit Islam Surabaya adalah sangat puas, terdapat hubungan antara
mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam
Surabaya.