Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan dapat dipengaruhi melalui proses pemberian
pelayanan dan factor kualitas sarana prasarana, obat ? obatan dan berbagai alat
kesehatan. Kepuasan pasien dipengaruhi oleh sikap dan pendekatan perawat di
rumah sakit kepada pasien, mutu pelayanan keperawatan yang diterima pasien.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dimensi mutu pelayanan rawat jalan
terhadap tingkat kepuasan pasien peserta BPJS.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross
sectional. Metode penentuan sampel menggunakan metode random sampling. Uji
yang digunkan untuk hasil penelitian ini menggunakan uji regresi logistik biner,
untuk mengetahui pengaruh dimensi mutu pelayanan terhadap kepuasan peserta
BPJS melalui 8 dimensi kompetensi, akses, efektivitas, efisiensi, kesinambungan,
keamanan, kenyamanan, hubungan antar manusia. Populasi yang diambil semua
pasien peserta BPJS rawat jalan secara random sebanyak 96 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan keseluruhan responden sebesar (95,9%)
menyatakan baik dan keseluruhan responden sebesar (67,7%) menyatakan puas.
berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara variabel dimensi mutu pelayanan terhadap variabel kepuasan
pasien peserta BPJS dengan p = 0,004 < 0,05 dan terdapat pengaruh pada dimensi
akses, efektivitas, efisiensi, kontinuitas, keamanan, dan hubungan antar manusia.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu hampir keseluruhan responden
menyatakan baik terhadap mutu pelayanan dan menyatakan puas terhadap kepuasan
pasien peserta BPJS. Dan terdapat pengaruh yang signifikan pada dimensi mutu
pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien peserta BPJS di klinik rawat jalan
Rumah Sakit Umum Daerah Grati Kabupaten Pasuruan.