Abstract :
Adanya penetapan kewajiban sertifikasi halal pada produk makanan dan
minuman belum membuat para pelaku usaha sadar untuk dapat mengurus
sertifikasi halal pada produk yang dibuatnya. Masih dijumpai produk makanan
dan minuman yang tidak memiliki sertifikat halal yang disebabkan oleh
kurangnya pengetahuan dan pemahaman pelaku UMKM mengenai sertifikasi
halal, rendahnya kesadaran pelaku UMKM, keyakinan pelaku UMKM terhadap
kehalalan produk serta rendahnya sumber daya manusia (SDM). Sehingga perlu
dilakukan edukasi sertifikasi halal untuk meningkatkan pengetahuan serta
kesadaran terhadap pelaku usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh edukasi sertifikasi halal terhadap tingkat pengetahuan pada
pelaku usaha.
Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review melalui
Database Science Direct dan Google Scholar dengan jumlah 5.619 literatur dan
didapatkan sebanyak 5 jurnal yang dapat direview sesuai dengan judul dan
keyword yang sudah ditentukan.
Hasil studi literature review yang telah dilakukan menunjukkan adanya
pengaruh pemberian edukasi terhadap peningkatan pengetahuan sertifikasi halal
kepada pelaku usaha, dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan pengetahuan
yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan sertifikasi halal pada
pelaku usaha dapat dipengaruhi oleh pemberian edukasi, penggunaan media
edukasi juga memiliki pengaruh yang signifikan setelah dilakukannya edukasi
sertifikasi halal sehingga dapat meningkatkan daya tarik responden. Saran bagi
peneliti selanjutnya adalah perlu dilakukan penelitian eksperimental lanjutan
tentang media edukasi sertifikasi halal pada pelaku usaha, dimana kegiatan
edukasi ini dapat dirancang dilaksanakan secara berkelanjutan untuk peningkatan
pengetahuan yang optimal sehingga pelaku usaha lebih berminat untuk
mendaftarkan produknya bersertifikasi halal.