DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KOMPOSISI BAHAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MAKANAN KEMASAN : LITERATURE REVIEW
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
SAFITRI, MAULIDAH DEWI
Subject
RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases 
Datestamp
2024-01-18 07:18:47 
Abstract :
Globalisasi, perdagangan bebas dan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) belakangan ini berdampak meningkatnya pada peredaran produk makanan dan minuman baik lokal maupun impor di masyarakat. Produk makanan dan minuman yang beredar dimasyarakat belum tentu memberi rasa aman, nyaman, tenteram dan layak dikonsumsi oleh konsumen muslim. Syariat Islam mewajibkan kepada umat islam untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal sesuai syariat islam. Bagi konsumen informasi tentang barang atau jasa memiliki arti yang sangat penting, salah satu informasi tersebut meliputi tentang kelengkapan informasi dalam pelabelan produk dan informasi komposisi bahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Labelisasi Halal dan Komposisi Bahan Terhadap Minat Beli Produk Makanan Kemasan. Metode pada penelitian ini adalah Literature Review. Pencarian literature menggunakan database Google Scholar, ScienceDirect, PubMed dengan keyword halal Label OR halal Sertification and Food Ingredients ON canned food OR packaged food AND Purchasing Intention AND Consumption of Food Terdapat 10 studi yang teridentifikasi memenuhi kriteria inklusi, 6 studi literature membahas pengaruh labelisasi dan 4 studi literature membahas komposisi bahan. Hasil review menunjukkan adanya pengaruh positif pada pengaruh labelisasi halal dan komposisi bahan terhadap minat beli konsumen pada produk makanan kemasan. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya