Abstract :
Globalisasi, perdagangan bebas dan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA)
belakangan ini berdampak meningkatnya pada peredaran produk makanan dan
minuman baik lokal maupun impor di masyarakat. Produk makanan dan minuman
yang beredar dimasyarakat belum tentu memberi rasa aman, nyaman, tenteram dan
layak dikonsumsi oleh konsumen muslim. Syariat Islam mewajibkan kepada umat
islam untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal sesuai syariat islam.
Bagi konsumen informasi tentang barang atau jasa memiliki arti yang sangat
penting, salah satu informasi tersebut meliputi tentang kelengkapan informasi
dalam pelabelan produk dan informasi komposisi bahan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui Pengaruh Labelisasi Halal dan Komposisi Bahan
Terhadap Minat Beli Produk Makanan Kemasan. Metode pada penelitian ini adalah
Literature Review. Pencarian literature menggunakan database Google Scholar,
ScienceDirect, PubMed dengan keyword halal Label OR halal Sertification and
Food Ingredients ON canned food OR packaged food AND Purchasing Intention
AND Consumption of Food Terdapat 10 studi yang teridentifikasi memenuhi
kriteria inklusi, 6 studi literature membahas pengaruh labelisasi dan 4 studi
literature membahas komposisi bahan. Hasil review menunjukkan adanya pengaruh
positif pada pengaruh labelisasi halal dan komposisi bahan terhadap minat beli
konsumen pada produk makanan kemasan.