DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TAX PLANNING, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2016-2020)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
HAMIYAH, SITI
Subject
HG Finance 
Datestamp
2023-03-30 03:11:54 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris dan menganalisis pengaruh Tax Planning, Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan terhadap Manajemen Laba (Studi pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2016-2020). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 57 perusahaan dengan total sampel 285 laporan keuangan yang menjadi objek penelitian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25 dengan tingkat signifikansi 0.05. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tax Planning, Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan, sementara Manajemen Laba sebagai variabel dependen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Tax Planning dan Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Umur Perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. sedangkan Corporate Social Responbility (CSR) tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya