DETAIL DOCUMENT
ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP LABA BERSIH PERUSAHAAN, VOLUME PENJUALAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
RATRININGTYAS, TITIS
Subject
HG Finance 
Datestamp
2023-03-30 03:32:22 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan. Untuk mengetahui volume penjualan memoderasi pengaruh biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan. Laba merupakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan perusahaan. Peningkatan laba tidak lepas dari indikator ? indikator yang mendukungnya diantaranya pengeluaran biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan yang diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pembentukan laba bersih perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016-2020. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah laporan tahunan yang berupa biaya produksi, biaya promosi, volume penjualan dan laba bersih tahun 2016-2020 yaitu berjumlah 15 sampel. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan dalam menganalisis data menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi berpengaruh positif terhadap laba bersih perusahaan dan biaya promosi tidak berpengaruh positif terhadap laba bersih perusahaan. Selain itu, juga didapatkan hasil penelitian bahwa volume penjualan merupakan variabel moderasi, yaitu volume penjualan memoderasi hubungan pengaruh antara biaya produksi dan biaya promosi terhadap laba bersih perusahaan. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya