DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3 SAMPAI 4 TAHUN DI PPT MELATI PANJI PERMATA DI KECAMATAN TENGGILIS MEJOYO SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
ASTIANAH, ASTIANAH
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-04-11 07:06:31 
Abstract :
Metode pemberian tugas adalah salah satu metode untuk memberikan pengalaman belajar yang dapat meningkatkan cara belajar yang lebih baik dan memantapkan penguasaan perolehan hasil belajar. Pemberian tugas merupakan tahap yang paling penting dalam mengajar. Karena dengan pemberian tugas itu guru memperoleh umpan balik tentang kualitas hasil belajar anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pemberian tugas dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tshun di PPT Melati Panji Permata di Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 kali siklus, subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Panji Permata. Teknik pengumpulan data meliputu observasi,dokumentasi, foto dan video.Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pra siklus 40% dengan kriteria Belum Berkembang (BB), siklus 1 mencapai 40% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB), pada siklus II meningkat menjadi 80% dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) yang berarti sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembetrian tugas dengan kegiatan montase dapat meningkatkan kemampuan motorik halaus anak usia 3-4 tahun di PPT.Sehingga disarankan kepada guru untuk menerapkan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak . 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya