DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA BAHAN ALAM BATU PELANGI PADA ANAK B DI PPT TUNAS BANGSA BULAK KOTA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
Widyaningtyas, Winda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-04-11 08:42:56 
Abstract :
Perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan anak untuk berpikir. Hal ini sesuai dengan pendapat Pudjiati & Masykouri (dalam Khadijah 2016:31) Kognitif adalah kemampuan belajar atau berpikir atau kecerdasan yaitu kemampuan untuk mempelajari keterampilan dan konsep baru, untuk lebih memahami apa yang terjadi di lingkungannya, serta keterampilan menggunakan daya ingat dalam menyelesaikan soal-soal sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri melalui media bahan alam batu pelangi pada anak B di PPT Tunas Bangsa Kec. Bulak Kota Surabaya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan : Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi . Subyek dalam penelitian ini adalah anak PPT Tunas Bangsa yang berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.P Hasil penelitian pada siklus I menunjukan perkembangan kognitif sebesar 55,83% dan pada penelitian siklus II menunjukkan perkembangan kognitif sebesar 83,3% dengan pencapaian kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan dengan media bahan alam batu pelangi dapat meningkatkan perkembangan kognitif mengenal bentuk geometri pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Bangsa Bulak Surabaya. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya