DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT PERAGA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DI RA BAITUR ROHIM GANTING GEDANGAN SIDOARJO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
JUHAIDAH, HAZMI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-04-11 08:55:49 
Abstract :
Penelitian pada anak kelompok B RA Baitur Rohim dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berhitung pada anak dalam hal menyebut dan mencocokkan bilangan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang diberikan tanpa menggunakan media, sehingga anak merasa bosan, tidak fokus dan kurang antusias dalam belajar. Solusi yang tepat untuk permasalahan yang dihadapi oleh RA Baitur Rohim yaitu dengan Menggunakan Media Alat Peraga Konkret. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dari media alat peraga konkret terhadap kemampuan berhitung anak pada kelompok B (usia 56 tahun) di RA Baitur Rohim Ganting Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-eksperimental Desain jenis one-group pre-tes posttest. Jumlah sampel 25 anak pada kelompok B RA Baitur Rohim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi. Hasil uji menunjukkan bahwa korelasinya adalah 0,735>0,000 Nilai korelasi lebih besar dari pada nilai sig, hal ini menunjukkan adanya pengaruh pengaruh media alat peraga konkret terhadap kemampuan berhitung anak dengan nilai cukup. Guru sebaiknya menyajikan pembelajaran dengan media yang bervariasi atau memotivasi anak didik dalam proses pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya dengan media alat peraga konkret ini bisa menjadi refrensi untuk kegiatan pembelajaran yang membuat anak didik lebih aktif dalam pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya