Abstract :
Beban kerja merupakan seluruh kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh
seorang perawat selama bertugas di suatu unit pelayanan keperawatan. Kualitas
pelayanan merupakan seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan
pasien atas pelayanan yang mereka terima atau peroleh. Semakin tinggi beban
kerja perawat, maka semakin rendah kualitas pelayanan keperawatan dan
sebaliknya, semakin rendah beban kerja perawat, maka semakin tinggi kualitas
pelayanan keperawatan. Tujuan penelitian yaitu menganalisis hubungan antara
beban kerja perawat dengan kualitas pelayanan pasien di Rumah Sakit
berdasarkan studi empiris dalam lima tahun terakhir.
Desain penelitian literature review, sumber database yang digunakan meliputi
SCOPUS, Google Scholar dan PubMed yang diterbitkan mulai tahun 2017 s.d
2021. Strategi pencarian literature menggunakan PICOS, dengan menggunakan
kata kunci ?beban kerja? OR ?workload? OR ?workload nurse? OR ?working
pressure? AND ?quality service?. Literatur yang ditemukan akan diseleksi
menggunakan diagram PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic
Review and Meta-Analysis).
Hasil pencarian literature review awal ditemukan 275 artikel, setelah direduksi
sesuai dengam PICOS dan kata kunci didapatkan 10 literatur yang sesuai. Hasil
analisis dari 10 literature review diperoleh 60% beban kerja tinggi dan 40% beban
kerja rendah. Kualitas pelayanan tinggi diperoleh 60% dan kualitas pelayanan
rendah diperoleh 40%. Terdapat 6 jurnal yang berkaitan / ada hubungan antara
beban kerja dan kualitas pelayanan perawatan di Rumah Sakit dan 4 jurnal yang
tidak ada hubungan antara beban kerja dan kualitas pelayanan perawatan di
Rumah Sakit.
Simpulan sari penelitian ini adalah ada hubungan beban kerja dengan kualitas
pelayanan di rumah sakit.