Abstract :
Motivasi belajar sangat penting dalam mengatasi permasalahan siswa.
Siswa dengan motivasi belajar rendah cenderung kurang berpartisipasi dalam
kegiatan belajar apalagi pada saat pandemi Covid 19 yang mengharuskan metode
pembelajaran menggunakan daring. Salah satu faktor yang mempengaruhi
motivasi belajar siswa adalah dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini yaitu
mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa.
Rancangan penelitian yaitu analitik dengan pendekatan Cross sectional.
Populasi seluruh siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Surabaya dengan besar
sampel 92 responden. Sampling menggunakan simple random sampling. Analisis
data menggunakan uji Rank Spearman dengan tingkat kemaknaan ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (75%) dengan dukungan
keluarga baik dan sebagian besar (76,1%) memiliki motivasi belajar baik. Analisis
data dengan uji Rank Spearman didapatkan nilai P= 0,000 < ? (0,05), sehingga H0
ditolak yang berarti ada hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar
pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Surabaya.
Dapat disimpulkan semakin baik dukungan keluarga semakin baik motivasi
belajar siswa, sebaliknya semakin kurang dukungan keluarga semakin rendah
motivasi belajar siswa. Diharapkan orang tua memberikan dukungan dengan
mendampingi anaknya dalam proses belajar agar menambah kepercayaan diri dan
motivasi dalam menghadapi masalah khususnya dalam proses belajar anak.