DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
ANGGARENI, DIYAH AYU
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2024-01-10 01:03:00 
Abstract :
Motivasi belajar sangat penting dalam mengatasi permasalahan siswa. Siswa dengan motivasi belajar rendah cenderung kurang berpartisipasi dalam kegiatan belajar apalagi pada saat pandemi Covid 19 yang mengharuskan metode pembelajaran menggunakan daring. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah dukungan keluarga. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar siswa. Rancangan penelitian yaitu analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi seluruh siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Surabaya dengan besar sampel 92 responden. Sampling menggunakan simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Rank Spearman dengan tingkat kemaknaan ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar (75%) dengan dukungan keluarga baik dan sebagian besar (76,1%) memiliki motivasi belajar baik. Analisis data dengan uji Rank Spearman didapatkan nilai P= 0,000 < ? (0,05), sehingga H0 ditolak yang berarti ada hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Surabaya. Dapat disimpulkan semakin baik dukungan keluarga semakin baik motivasi belajar siswa, sebaliknya semakin kurang dukungan keluarga semakin rendah motivasi belajar siswa. Diharapkan orang tua memberikan dukungan dengan mendampingi anaknya dalam proses belajar agar menambah kepercayaan diri dan motivasi dalam menghadapi masalah khususnya dalam proses belajar anak. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya