Abstract :
Latar Belakang : Stres pada orangtua siswa karena tekanan dalam keluarga, dan
lingkungan sekitar, mengakibatkan tingkat stres menjadi semakin berat,
menimbulkan masalah mulai dari kesehatan tubuh, psikologis, hingga spiritual.
Tujuan penelitian untuk menganalisis Mindfulness Therapy terhadap tingkat stres
pada orang tua siswa kelas 1 SD Anugrah Islamic School Surabaya.
Metode : Pada penelitian ini menggunakan studi True Eksperimental, dengan
pengambilan sampel Simple Random Sampling yaitu sebanyak 16 orangtua siswa
pada kelompok kontrol dan 16 orangtua siswa pada kelompok perlakuan. Uji
statistik menggunakan Wilcoxon untuk analisa data pretest dan posttest, uji Mann
Whitney untuk analisa data antar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian sebelum diberikan Mindfulness Therapy pada
kelompok perlakuan lebih dari setengahnya 56,3% memiliki tingkat stres berat, dan
pada kelompok kontrol ada 50,0% memiliki tingkat stres sedang. Sesudah diberikan
Mindfulness Therapy kelompok perlakuan sebagian besar 81,3% memiliki tingkat
stres ringan dan pada kelompok kontrol 50,0% memiliki tingkat stres sedang. Hasil
uji statistik menunjukkan sebelum dan sesudah diberikan Mindfulness Therapy
pada kelompok eksperimen, P: 0,001 yang artinya ada pengaruh Mindfulness
Therapy terhadap tingkat stres orang tua, pada kelompok kontrol p: 1,000 artinya
tidak ada pengaruh Mindfulness Therapy terhadap tingkat stres. Untuk uji beda hasil
antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan menunjukkan bahwa P : 0,000
artinya ada perbedaan antara post kelompok perlakuan dan kelompok kontrol
setelah intervensi.
Diskusi: Mindfulness Therapy menjadi salah satu management stress untuk
mengurangi tingkat stres pada orangtua dalam pengasuhan anak jika dilakukan
secara teratur.