Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
KISHBUALLAH, FAISAL RIZKI
Subject
RT Nursing
Datestamp
2024-01-12 08:21:10
Abstract :
Faktor yang menyebabkan penurunan prestasi mahasiswa adalah stres
akademik dan minat belajar mahasiswa turun. Mahasiswa di Indonesia sebesar 8,9
juta pada tahun 2021 yang mengalami stres didapatkan sebesar 38-71%, sedangkan
yang mengalami minat belajar turun sebesar 39,6-61,3% Tujuan penelitian ini
menganalisis hubungan stres akademik dan minat belajar dengan prestasi belajar
mahasiswa di masa pandemi COVID-19 pada Prodi S1 Keperawatan Semester 6
dan 8 Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Jenis penelitian Observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.
Populasi penelitian ini seluruh semester 6 dan 8 berjumlah 251 mahasiswa. Besar
sampel adalah 154 mahasiswa variabel independen stres akademik dan minat,
variabel dependen prestasi belajar yang diambil dengan Stratified random
sampling. Pengumpulan data menggunakkan kuesioner MSSQ dan minat belajar.
Analisis data menggunakkan uji Spearmen rank, ? = 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 154 mahasiswa prodi S1
Keperawatan hampir setengahnya (47,4%) mengalami stres akademik berat, hampir
seluruhnya (77,3%) mahasiswa mempunyai minat belajar yang kurang baik,
sebagian besar (60,4%) memiliki prestasi belajar memuaskan. Hasil uji statistik
menggunakan Spearmen rank terdapat hubungan stres akademik dengan prestasi
belajar (p=0,005), terdapat hubungan minat belajar dengan prestasi belajar
(p=0,043).
Kesimpulan penelitian ini pada mahasiswa mengalami stres akademik dan
minat belajar berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa di masa pandemi
COVID-19 pada prodi S1 Keperawatan Semester 6 dan 8 di Universitas Nahdlatul
Ulama Surabaya. Oleh karena itu penting untuk diadakannya pelatihan kepada
mahasiswa yang mengalami minat belajar turun dan stres akademik yang
meningkat.