Abstract :
Ketidaktepatan jam pelayanan telemedicine pasien rawat jalan saat pandemi
Covid 19 merupakan masalah yang masih banyak dijumpai dalam praktik
pelayanan kesehatan dan merupakan salah satu komponen yang potensial
menyebabkan ketidakpuasan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan
ketepatan jam pelayanan terhadap tingkat kepuasaan penggunaan layanan
telemedicine pasien rawat jalan selama pandemi Covid 19 di RSI A. Yani
Surabaya .
Desain penelitian analitik dengan pendekatan analitik korelasional. Besar
sampel 101 responden dengan teknik purposive sampling. Variabel independent
yaitu ketepatan jam pelayanan dan variabel dependent yaitu kepuasaan .
Pengumpulan data menggunakan kuisioner tingkat ketepatan jam layanan dan
kepuasaan pasien yang diberikan secara langsung kepada pasien. Analisis
menggunakan uji Chi Square
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar (63,4%) menyatakan
bahwa jam pelayanan tidak tepat dan sebagian besar (64,3%) menyatakan bahwa
puas dengan telemedicine. Tingkat kepuasan dalam kategori puas, kecuali
dimensi tangible dalam kategori tidak puas. Setelah dilakukan uji Chi Square ? =
0,06 > ? = 0,05 yang menunjukkan tidak ada hubungan ketepatan jam pelayanan
terhadap tingkat kepuasaan penggunaan layananan telemedicine pasien rawat
jalan selama pandemi Covid 19 di RSI A.Yani Surabaya.
Ketepatan jam layanan telemedicine pasien rawat jalan pada saat pandemi
Covid 19 bukan merupakan satu satunya faktor yang mempengaruhi kepuasan
pasien di RSI A. Yani Surabaya. Sarannya agar managemen meninjau ulang
terhadap Standart Operating Procedure pelaksaanaan telemedecine , memonitor
dan mengevalusi selama pelaksanaan telemedicine dan melengkapi sarana serta
prasarana yang dibutuhkan.