Abstract :
Stress dapat terjadi dimanapun dan pada siapapun. Stres yang tidak mampu
dikendalikan memunculkan dampak sulit konsentrasi, sulit mengingat pelajaran,
sulit memahami pelajaran, sering pusing, badan terasa lesu, lemah dan insomnia.
Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan tingkat stres dan insomnia dengan
prestasi belajar santri di Pondok PesantrenTebuireng Jombang.
Desain penelitian ini analitik korelasional menggunakan pendekatan
penelitian retrospektif. Populasi seluruh santri kelas X-XII di Pondok Tebu Ireng
Jombang bulan Februari tahun 2022 yaitu sebanyak 620 anak dan sampel
sebanyak 243 santri yang diambil dengan cara simple random sampling. Variabel
independent tingkat stress dan insomnia, sedangkan variabel dependent prestasi
belajar santri di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Pengumpulan data
penelitian ini menggunakan kuesioner (DASS), kuesioner Insomnia Rating Scale,
dan buku raport. Hasil penelitian dianalisis dengan uji Spearman Rho.
Hasil analisa data hubungan tingkat stress dengan prestasi belajar pada 243
santri yang diuji menggunakan uji SPSS spearman rho didapatkan nilai P = 0,000
< ? (0,05), dengan nilai r = -0,410 jadi H0 ditolak, yang berarti H1 diterima,
sehingga ada hubungan tingkat stres dengan prestasi belajar santri, sedangkan
hasil analisis data hubungan insomnia dengan prestasi belajar pada 243 santri
yang diuji menggunakan uji SPSS spearman rho didapatkan nilai P = 0,000 < ?
(0,05) dengan nilai r = -0,496, maka Ho ditolak yang berarti ada hubungan
insomnia dengan prestasi belajar santri.
Pada penelitian ini dapat disimpulkan tingkat stres dan insomnia
berhubungan dengan prestasi belajar santri di Pondok PesantrenTebuireng
Jombang. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan
mengenai hubungan tingkat stres dan insomnia dengan prestasi belajar santri.