DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN KEPERAWATAN DAN FASILITAS DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
Author
WULANDARI, DHIAN
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2024-01-11 07:38:05 
Abstract :
Pelayanan yang berkualitas berperan penting dalam membentuk kepuasan terhadap pasien serta erat kaitannya dalam menciptakan keuntungan bagi penyedia jasa yang disini adalah Puskesmas. Salah satu strategi untuk mempertahankan kualitas adalah dengan menciptakan kepuasan terhadap pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas layanan keperawatan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas. Penelitian ini termasuk jenis survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah semua pasien rawat inap umum yang tersebar di 6 Puskesmas. Sampel diteliti sebanyak 24 responden yang diambil dengan tehnik simple random sampling. Variabel independen kualitas layanan keperawatan dan fasilitas sedangkan variabel dependen kepuasan pasien rawat inap. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan Sig<0,05. Hasil penelitian menunjukkan seluruh responden (100%) menilai baik untuk kualitas layanan keperawatan dan fasilitas, sedangkan untuk kepuasan seluruh responden (100%) menilai puas. Hasil analisa statistik menunjukkan nilai signifikan variabel kualitas layanan keperawatan sebesar 0,048 dan variabel fasilitas 0,002 sesuai dengan syarat signifikan secara statistik <0,050, yang artinya ada hubungan yang signifikan antara kualitas layanan keperawatan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas. Disimpulkan bahwa kualitas layanan keperawatan dan fasilitas berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas. Disarankan kepada Puskesmas supaya lebih mempromosikan layanan rawat inap yang tersedia di Puskesmas. 
Institution Info

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya