Abstract :
Pelayanan yang berkualitas berperan penting dalam membentuk kepuasan
terhadap pasien serta erat kaitannya dalam menciptakan keuntungan bagi penyedia
jasa yang disini adalah Puskesmas. Salah satu strategi untuk mempertahankan
kualitas adalah dengan menciptakan kepuasan terhadap pasien. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kualitas layanan
keperawatan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas.
Penelitian ini termasuk jenis survey analitik dengan pendekatan cross
sectional. Populasi penelitian adalah semua pasien rawat inap umum yang
tersebar di 6 Puskesmas. Sampel diteliti sebanyak 24 responden yang diambil
dengan tehnik simple random sampling. Variabel independen kualitas layanan
keperawatan dan fasilitas sedangkan variabel dependen kepuasan pasien rawat
inap. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan dianalisis
menggunakan uji regresi linear berganda dengan Sig<0,05.
Hasil penelitian menunjukkan seluruh responden (100%) menilai baik
untuk kualitas layanan keperawatan dan fasilitas, sedangkan untuk kepuasan
seluruh responden (100%) menilai puas. Hasil analisa statistik menunjukkan nilai
signifikan variabel kualitas layanan keperawatan sebesar 0,048 dan variabel
fasilitas 0,002 sesuai dengan syarat signifikan secara statistik <0,050, yang artinya
ada hubungan yang signifikan antara kualitas layanan keperawatan dan fasilitas
terhadap kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas.
Disimpulkan bahwa kualitas layanan keperawatan dan fasilitas
berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas. Disarankan
kepada Puskesmas supaya lebih mempromosikan layanan rawat inap yang
tersedia di Puskesmas.