Abstract :
Response Time merupakan kecepatan dalam penanganan pasien oleh perawat
?5 menit saat tibanya pasien masuk di IGD. Response Time dengan penanganan
kecepatan yang sudah berstandar dapat menjadi proses pelayanan yang baik di IGD
sehingga keluarga pasien dapat merasakan kepuasan dari pelayanan keperawatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Response Time dengan Tingkat
Kepuasan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Islam Jemursari
Surabaya.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kolerasional
dengan menggunakan metode penelitian cross sectional. Populasi penelitian ini ada
keluarga pasien yang mengantar pasien ke IGD sebanyak 80 orang. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling.
dengan sampel keluarga pasien yang menemani pasien dari awal datang ke IGD Rumah
Sakit Islam Jemursari Surabaya sebanyak 76 responden. Instrumen yang digunakan
yaitu lembar observasi Response Time Perawat dan lembar kuesioner Tingkat
Kepuasan Keluarga Pasien.
Dari hasil lembar observasi didapatkan Response Time perawat sebanyak 48
responden (63,2%) ?cepat? yaitu ?5 menit dan dari hasil kuesioner didapatkan Tingkat
Kepuasan Keluarga pasien sebanyak 59 responden (77,6%) ?puas?. Berdasarkan hasil
uji Chi Square didapatkan p=0,007 (p<0,05), menunjukkan ada hubungan Response
Time dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di IGD Rumah Sakit Islam Jemursari
Surabaya.
Simpulan dalam penelitian ini, terdapat hubungan yang signifikan antara
Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di IGD Rumah Sakit Islam
Jemursari Diharapkan agar perawat lebih meningkatkan Response Time perawat dalam
melakukan respon kepada pasien yang datang sebagai upaya untuk meningkatkan
kepuasan pasien yang masih belum merasa puas, sehingga kepuasan pasien semakin
tinggi dalam pelayanan di Rumah Sakit dan akan meningkatkan mutu pelayanan
Rumah Sakit Islam Jemursari Surabya.