Abstract :
Adanya keluhan dari pasien yang merasa tidak mendapatkan pelayanan
dengan cepat sering terjadi di setiap rumah sakit terutama pelayanan di IGD yang
masih memberikan pelayanan dengan mempertimbangkan hirarki meskipun
pertimbangan kondisi kegawatdaruratan akan menempati pilihan pertama dalam
usaha menyelamatkan nyawa pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
adanya hubungan antara Ketepatan Respon Time dengan kepuasan pasien yang
berobat di instalasi gawat darurat Rumah Sakit TNI AL Dr. Oepomo Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan analytic cross-sectional. Populasi
dalam penelitian ini yaitu seluruh pasien yang berobat di instalasi gawat darurat
Rumah Sakit TNI AL Dr. Oepomo Surabaya sebesar 116 orang dimana sampel
dalam penelitian ini sebesar 90 responden. Teknik pengambilan sampel purposive
sampling. Instrumen penelitian dengan kuesioner. Analisa data dengan uji statistik
rank spearman.
Hasil penelitian menunjukkan dari 90 responden 79 responden diantaranya
memiliki ketepatan respon time yang baik dan hampir seluruhnya (86,1%)
menyatakan puas atas pelayanan yang didapatkan, sementara pada ketepatan
respon time tidak baik seluruhnya (100%) menyatakan kurang puas atas
pelayanan yang didapatkan. Berdasarkan uji rank spearman program SPSS 23 for
Windows didapatkan tingkat signifikasi ? = 0,000 < ? = 0,05 yang berarti Ho
ditolak maka terdapat hubungan ketepatan respon time dengan kepuasan pasien di
IGD Rumah Sakit TNI AL Dr. Oepomo Surabaya
Simpulan penelitian bahwa ketepatan respon time baik memberikan
dampak pada kepuasan pasien baik dan sebaliknya respon time yang tidak baik
akan memberikan efek kurang puas bagi pasien. Diharapkan dengan perbaikan
fasilitas, peningkatan kinerja, profesionalisme dapat meningkatkan pengetahuan
agar terciptanya ketepatan respon time yang baik bagi pasien.