Abstract :
Kepuasan dalam pelayanan di instalasi gawat darurat harus didukung
dengan pelaksanaan triage yang benar.Akan tetapi faktanya banyak ditemukan
Komplain tentang pelayanan kegawat daruratan. Tujuan dari penelitian ini adalah
menganalisa hubungan tingkat pengetahuan keluarga pasien tentang triage
terhadap kepuasan pelayanan di IGD RSPAL Dr. Ramelan Surabaya. namun
sering dimanfaatkan hanya untuk memperoleh pelayanan pertolongan pertama
(first aid) dan bahkan pelayanan rawat jalan (ambulatory care).
Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dengan populasi 60
responden dan sample berjumlah 24 responden diambil dengan cara purposive
sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan dan
variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan. Instrument
penelitian ini menggunakan kuesioner yang dilakukan pada tanggal 4-9 juli 2022
di IGD RSPAL Dr. Ramelan Surabaya.
Hasil penelitian ini di uji dengan menggunakan uji Spearman Rank dengan
hasil penelitian ini nilai P = 0,098 dan nilai dari r = 0,298. Berdasarkan dari
analisa data diperoleh nilai probabilitas 0,298 dengan nilai signifikansi ? 0,05
yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
Kesimpulannya bahwa tingkat pengetahuan pasien tentang triage tidak
berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelaksanaan triage di IGD
RSPAL Dr. Ramelan Surabaya. Hal ini dikarenakan persepsi keluarga pasien, apa
yang sudah dilakukan oleh perawat sudah cukup memuaskan, selain itu dalam hal
ini empati dan respon terhadap tindakan sudah cukup memuaskan.