DETAIL DOCUMENT
Komparasi Hasil Belajar Pada Berbagai Gaya Belajar Yang Menerapkan Pendekatan Saintifik Pada Materi Pokok Sistem Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah Tahun Ajaran 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
ALVES, Yunita Adriana
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-11-14 01:39:00 
Abstract :
Gaya belajar merupakan sebuah pendekatan yang menjelaskan mengenai bagaimana individu belajar atau cara yang ditempuh oleh masing-masing orang untuk berkonsentrasi pada proses, dan menguasai informasi yang sulit dan baru melalui persepsi yang berbeda. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa melibatkan keterampilan proses sains dalam mengkontruksi konsep, hukum dan prinsip. Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana efektivitas penerapan pendekatan saintifik materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017? 2) bagaimana gaya belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017? 3) adakah perbedaan antara hasil belajar siswa pada berbagai gaya belajar yang menerapkan pendekatan saintifik materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan saintifik materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017. 3) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa pada berbagai gaya belajar yang menerapkan pendekatan saintifik materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah berjumlah 50 orang . Jenis penelitian deskriptif dan komparatif. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1.a) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik, dengan skor untuk IPA 1 yaitu 3,756 dengan reliabilitasnya 99,2% dan skor untuk IPA 2 yaitu 3,798 dengan reliabilitasnya 99,26%. (1.b) ketuntasan indikator hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dinyatakan tuntas, dengan rata-rata proporsi ketuntasan observasi dan angket sikap spritual adalah 0,89 dan 0,85, ketuntasan indikator observasi dan angket sikap sosial adalah 0,89 dan 0,89, ketuntasan indikator kognitif 0,90, ketuntasan indikator keterampilan psikomotor, THB proses, presentasi dan portofolio adalah 0,92, 0,93, 0,89 dan 0,83. (1.c) ketuntasan hasil belajar KI-1 87,34, KI-2 89,2, KI-3 86,09, KI-4 89,3 (2) hasil analisis menyatakan bahwa gaya belajar visual memiliki nilai THB rata-rata 88,17, gaya belajar auditorial memiliki THB rata-rata 83,6 dan nilai THB rata-rata untuk gaya belajar kinestetik 83,61 (3) hasil uji anova menggunakan SPSS 16,0 yaitu nilai sig.0,000 ? 0,05sedangkan uji anova secara manual yaitu fhitung=10,8 ? ftabel = 2,43maka Ho di tolak dan Ha di terima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada berbagai gaya belajar yang menerapkan pendekatan saintifik materi pokok Sistem Koloid siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2016/2017. Hasil uji t nilai thitung ? ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan. Dari ketiga gaya belajar terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada gaya belajar visual dan auditorial, visual dan kinestetik dilihat dari nilai thitung ? ttabel dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pada gaya belajar kinestetik dan auditorial dimana nilai thitung ? ttabel. Dengan melihat bahwa gaya belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dalam proses pembelajaran. Pendekatan saintifik juga memberikan hasil yang baik bagi hasil belajar siswa, oleh karena itu pendekatan ini lebih sering diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang diajarkan oleh guru. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang