DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Tipe-Tipe Karakter Dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Minyak Bumi Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupangtahun Pelajaran 2016/2017
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
BOY, Johanis Christofel Dedirik
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-11-14 06:49:23 
Abstract :
Karakter merupakan ciri khas yang dimiliki oleh suatu benda atau individu (manusia). Karakter mengacu pada serangkaian sikap (attitudes), perilaku (behaviors), motivasi (motivations), dan keterampilan (skills). Setiap individu pasti memiliki karakteristik yang berbeda dengan individu lainnya. Terdapat empat tipe karakter, yaitu tipe sanguinis ?yang popular?; tipe melankolis ?yang sempurna?; tipe koleris ?yang kuat?; dan tipe flegmatis ?cinta damai?. Penalaran merupakan suatu proses berpikir dalam menarik suatu kesimpulan yang berupa pengetahuan. Manusia pada hakekatnya merupakan makhluk yang berpikir, merasa, bersikap dan bertindak. Penalaran mengandung logika berpikir dan bersifat analitis. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning, yang terdiri dari: (a) untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning (b) untuk mengetahui ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik keas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang, (c) untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (2) untuk mengetahui tipe-tipe karakter peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (3) untuk mengetahui kemampuan penalaran peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, (4) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017, dan (5) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan jenis penelitian deskriptif-asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Variabel penelitian terdiri atas tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran sebagai variabel bebas. Sedangkan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran discovery learning efektif dalam proses pembelajaran pada materi pokok minyak bumi, yang ditunjukan dengan: (a) Guru mampu mengelola pembelajaran dengan baik dengan skor 3,93, (b) Indikator hasil belajar tuntas yang ditunjukan dengan rata-rata proporsi ketuntasan indikator observasi sikap spritual 0,88, ketuntasan indikator angket sikap spritual 0,92, ketuntasan indikator observasi sikap sosial 0,92, ketuntasan indikator angket sikap sosial 0,90, ketuntasan indikator aspek kognitif 0,90, ketuntasan indikator psikomotor sebesar 0,89, THB proses sebesar 0,88, presentasi sebesar 0,93, dan portofolio sebesar 0,91. (c) Hasil belajar tuntas dengan ketuntasan hasil KI?1 90,3, KI?2 90,8, KI?3 90,4, KI? 4 90,6 dan ketuntasan hasil belajar secara keseluruhan sebesar 90,5. (2) Nilai rata-rata tipe-tipe karakter peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang adalah 85 dan termasuk kategori sangat baik. (3) Kemampuan penalaran peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang sangat baik dengan nilai sebesar 77, (4) Ada hubungan antara tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada hubungan tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien (rx1y) = 0,556 dan nilai koefisien determinansi (D) = 31%, serta nilai t ? t atau 11,95 ? 2,048. (b) Ada hubungan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx2y) = 0,914 dan nilai koefisien determinansi (D) = 84%, serta nilai t ? t atau 11,95? 2,048. (c) Ada hubungan tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar yang ditunjukan dengan nilai korelasi (rx1x2y) = 0,924 dan nilai koefisien determinansi (D) = 68,89%, serta nilai F ? F atau 78,296 ? 3,354. (5) Ada pengaruh tipe-tipe karakter dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar pada materi pokok minyak bumi dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning peserta didik kelas X IPA SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang, yang dijabarkan sebagai berikut: (a) Ada pengaruh tipe-tipe karakter terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang diterangkan oleh persamaan regresi 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang