Abstract :
Kreativitas merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu untu menghasilkan sesuatu yang baru baik berupa ide, gagasan, maupun karya nyata yang berguna setelah individu tersebut berinteraksi dengan lingkungan sekitar baik dalam hal materil, sosial maupun psikis. Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Masalah utama dalam penelitian adalah 1) Bagaimana efektifitas penerapan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pengaruh dari kreativitas aptitude dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? 3) Adakah hubungan kreativitas aptitude dan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? 4) Adakah pengaruh kreativitas aptitude dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (2) Mengetahui kreativitas aptitude siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (3) Mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (4) a) Mengetahui hubungan kreativitas aptitude dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. b) Mengetahui hubungan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (c) Mengetahui hubungan kreativitas aptitude dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (5) a) Mengetahui pengaruh kreativitas aptitude terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (b) Mengetahui pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. (c) Mengetahui pengaruh kreativitas aptitude dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa:
(1) Pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik efektif pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang a) Guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,88 termasuk dalam kategori baik. b) Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik meliputi: Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spiritual (KI-1) diperoleh dari rata-rata angket dan observasi sebesar 0.83 dan 0.97 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) diperoleh dari rata-rata angket dan observasi sebesar 0,86 dan 0,85 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0,81, Ketuntasan indikator hasil belajar ketrampilan (KI-4) diperoleh dari rata-rata indikator psikomotor, presentasi, portofolio dan THB proses sebesar 0,89, 0,92, 0,86, dan 0,83 dinyatakan tuntas.
(2) Kreativitas aptitude siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang dengan presentase rata-rata Tes Kreativitas aptitude sebesar 76,56% termasuk dalam kategori baik. (3) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Kupang dengan presentase rata-rata Angket Kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 71,16% termasuk kategori baik.
(4) a) Ada hubungan kreativitas aptitude dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 dengan korelasi pearson product moment diperoleh nilai = 0,50. b) Ada hubungan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan hasil belajar siswa yang menerapkan pendekatan saintifik siswa kelas XI IPA-3 SMA Negeri 5 Kupang tahun ajaran 2016/2017 dengan korelasi Pearson Product Moment = 0,47. c) Ada hubungan kreativitas aptitude dan