DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penempatan Label Harga, Display Toko, Pelayanan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shankara Aksesoris Kupang
Total View This Week2
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
TANG JAYA, Sumariono
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2019-10-14 04:42:25 
Abstract :
Pada era globalisasi, semakin banyak bermunculannya bisnis retail, khususnya dalam bidang aksesoris handphone. Keadaan ini membuat konsumen dihadapkan dalam berbagai alternatif pilihan, sehingga persaingan dalam dunia bisnis aksesoris handphone semakin ketat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran tentang penempatan label harga, display toko, pelayanan, word of mouth dan keputusan pembelian di Shankara Acc Kupang? 2) Apakah penempatan label harga, display toko, pelayanan dan word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shankara Acc Kupang? 3) Apakah penempatan label harga, display toko, pelayanan dan word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Shankara Acc Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah berbelanja sebanyak minimal dua kali di Shankara Acc Kupang dan berusia minimal 18 tahun. Sampel ditentukan sebanyak 108 sampel, dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran Kategori persepsi variabel penempatan Label Harga 85,35% kategori sangat tinggi, Display Toko 83,40% kategori tinggi, Pelayanan 80,80% kategori tinggi, Word Of Mouth 83,40% kategori tinggi dan variabel Keputusan Pembelian 81,40% kategori tinggi. Berdasarkan analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan : Y=0,481 X1 + 0,150 X2 + 0,185 X3 + 0,173 X4. Uji t menunjukkan variabel penempatan Label Harga, Display Toko, Pelayanan dan Word of Mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Uji F menunjukkan penempatan Label Harga, Display Toko, Pelayanan dan Word Of Mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Koefisien determinasi = 0,313 atau 31,3% Keputusan Pembelian merupakan kontribusi dari variabel penempatan Label Harga, Display Toko, Pelayanan dan Word Of Mouth, sedangkan sisanya yaitu 68,7% dapat dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Shankara Acc Kupang untuk menempelkan label harga pada setiap kemasan produk yang dijual, sehingga akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik dan meningkatkan minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian pada Shankara Acc Kupang. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang