DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas VIIII SMP Negeri 4 KupangTahun Pelajaran 2016/2017)
Total View This Week2
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
Mite, Maria Serlin
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2021-09-21 04:31:16 
Abstract :
Hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa(studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas VIIIISMP Negeri 4 Kupang tahunpelajaran 2016/2017. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas VIIIISMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitianadalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas VIIIISMPNegeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) motivasi belajar dan variabelterikat (Y) disiplin belajar. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh siswa kelas VIIII SMP Negeri 4 Kupang. Sampel dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIIIISMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran2016/2017yang berjumlah 31 orang. Teknikpengumpulan data adalah wawancaratertulis.Alat pengumpuldata yang digunakan adalah angket.Teknik analisis datamenggunakan rumus analisis korelasiproduct moment. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa kelas VIIII SMP Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2016/2017 dengan rhitung=0,490 lebih besar dari rtabel =0:456pada taraf signifikansi1%.Hipotesis nol (Ho) menyatakan tidak ada hubungan antara motivasi belajardengan disiplin belajar ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) menyatakan ada hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar siswa diterima. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengemukakan saran kepada: 1)Kepala Sekolah, agar bekerja sama dengan seluruh personil secara lebih baik dalam meningkatkan pemberian motivasi belajar dan disiplin belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa sesuai dengan Visi dan Misi sekolah, 2) Guru BK, agar dapat membangun kerjasama yang lebih baik dengan kepala sekolah, para guru dan personil sekolah lainnya untuk memberikan motivasi belajar kepada siswa sehingga siswa memiliki disiplin belajar danmeningkatkan prestasi belajar, 3) Guru Mata Pelajaran, sebagai tenaga pendidikagar dapat mendorong siswa dalam meningkatkan motivasi belajar dan disiplin belajar secara lebih baik, 4) Siswa, agar lebih tekun dan disiplin dalam meningkatkan motivasi diri, sehingga memiliki disiplin dalam belajar demi mencapai cita-cita yang diinginkan. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang