Abstract :
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah.banyaksiswa mengeluh karena kurang mampu menyerap informasi pembelajaran yang diberikan guru, terutama pada materi sistem gerak pada tumbuhan. Mereka cenderung belum mampu menguasai materi gerak pada tumbuhan dengan baik, dikarenakan guru lebih sering memberikan catatan atau teori lebih banyak dibandingkan praktek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa kelas VII IPA damateri pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP Surya Mandala Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra eksperimen, dengan desain penelitian one-group pretes-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa menunjukan rata-rata ketuntasan perindividu 80 dan secara klasikal 85%. Rata-rata proporsi indikator 0,80, dan sensitivitas butir soal 0,41≥0,30 sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran.Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Team Assisted Individualization efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Gerak Pada Tumbuhan di SMP Surya Mandala Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.