Abstract :
JMasalah penelitian ini adalah apakah penerapan teknik self talk melalui bimbingan kelompok dapat Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui penerapan teknik self talk melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra – eksperimen one group pretest-posttest design. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dibedakan atas dua yaitu instrument pengumpulan data berupa angket disiplin belajar dan instrumen perlakuan yakni pedoman pelaksanaan teknik self talk melalui bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung sebesar 13,097 dikonsultasikan dengan t tabel pada taraf signifikansi 1% dengan dk=N-2 adalah 4,032. Dengan demikian nilai t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa “penerapan teknik self talk melalui bimbingan kelompok dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas XI IPA1 SMAK Sint Carolus Kupang tahun pelajaran 2019/2020â€. Hal tersebut berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti memberikan saran kepada: 1). Kepala sekolah diharapkan untuk meningkatkan kerjasama dengan semua pihak baik guru BK, guru mata pelajaran dan wali kelas untuk melancarkan kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-talk agar dapat membantu siswa meningkatkan disiplin belajarnya.2). Guru BK diharapkan agar secara berkesinambungan memberikan bimbingan kepada siswa dengan menerapkan teknik self-talk untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.3). Guru mata pelajaran diharapkan agar selalu menginformasikan kepada guru BK, siswa yang disiplin belajarnya rendah untuk dibantu melalui bimbingan kelompok dengan teknik self-talk untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.4). Siswa diharapakan agar terlibat aktif dalam memanfaatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-talk yang dilaksanakan oleh guru BK untuk meningkatkan disiplin belajar.