Abstract :
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi diri siswa, namun dalam pembelajaran di sekolah mengalami beberapa persoalan, seperti siswa tidak aktif dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan upaya utnuk meningkatkkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa agar siswa lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan dari model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMAN Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes, dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata pada saat posstest lebih tinggi jika dibandingkan dengan pretest (82,86% > 55,71% ) dengan peningkatan sebesar 27,15% (tuntas), dengan ketuntasan klasikalnya yaitu 96,43% (tuntas). Ketuntasan indikatornya (Tk ≥ 75%) yaitu 0,83% (tuntas). Sensitivitas butir soal dan memiliki efek pembelajaran dengan rerata yaitu 0,27 > 0,30. Reliabilitas aktivitas siswa 99,93% > 75% (baik), sedangkan reliabilitas kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran adalah 97,98% (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu diharapkan kepada guru biologi untuk menerapkan tipe Student Teams Achievement Division pada materi lain