DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Pada Toko Stars Kupang
Total View This Week2
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
VESS, Margareta Diana
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2019-11-01 01:05:25 
Abstract :
Berkembangnya dunia penjualan sepatu di Kota Kupang, menyebabkan banyaknya toko memulai bisnis penjualan sepatu dan salah satunya adalah Toko Stars sehingga terjadi banyak pesaing. Hal ini mengakibatkan banyak konsumen beralih ke tempat yang lebih baru dan bagus serta lebih lengkap dengan promosi penjualan yang lebih menarik, sehingga volume penjualan sepatu pada Toko Stars lebih banyak mengalami penurunan dari bulan ke bulan. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui persepsi konsumen tentang kelengkapan produk dan promosi penjualan pada Toko Stars Kupang 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kelengkapan produk dan promosi penjualan,secara parsial terhadap keputusan pembelian sepatu pada Toko Stars Kupang 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kelengkapan produk dan promosi penjualan, secara simultan terhadap keputusan pembelian sepatu pada Toko Stars Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelajar SMA dan mahasiswa, dengan jumlah sampel ditentukan berdasarkan indikator dikalikan 5-10 sebanyak 110 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS statistic version 16. Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel kelengkapan produk 80.84%, dalam kategori baik, sedangkan variabel promosi penjualan 81.35,% dalam kategori sangat baik, dan variabel keputusan pembelian 84.7% dalam kategori sangat baik. Analisis statistic regresi linear berganda diperoleh persaman Y = 0.473X1 + 0.286X2. Hasil uji t menunjukkan secara parsial, variabel kelengkapan produk dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan secara simultan, variabel kelengkapan produk dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi adalah 0.461 atau 46.1%, artinya variabel keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel kelengkapan produk dan promosi penjualan, sedangkan sisanya 53.9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Saran, pihak toko perlu meningkatkan variasi kelengkapan dan kualitas produk sepatu, memperhatikan fasilitas toko dengan menambahkan aksesoris dan harus tetap memperhatikan dan menyesuaikan tingkat kebutuhan masyarakat Kota Kupang yang dilihat dari segi tampilan promosi penjualan dan harga yang ada pada toko. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang