DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pokok Ekosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
DINA, Gerviana Srilina
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-10-19 05:50:28 
Abstract :
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan tugas-tugas dengan standar perfomansi atau pelaksanaan tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh siswa, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Dalam pengajaran KTSP, rangkaian pengajaran yang mencakup prinsip dan keterampilan merupakan hal-hal yang diharapkan sebagai hasil belajar mengajar. Namun masalah yang sering ditemukan dalam pembelajaran KTSP adalah siswa kurang antusias dan tidak berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok ekosistem di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian preekperimental dengan design penelitian adalah one group pretest-posttest design. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 86,00% (tuntas) dan secara klasikal 95% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,83(tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,44 ? 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 94,32% (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,67 (baik), dan reliabilitas instrumennya 99,50% (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan STAD efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem kelas VIIB di SMP Adhyaksa 2 Kupang tahun ajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang