DETAIL DOCUMENT
Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Makhluk Hidup di SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
LABA, Hermina Tuto
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-19 05:56:50 
Abstract :
Kegiatan belajar siswa secara formal dilakukan di dalam sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan formal untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas. Salah satu model pembelajaran yang diyakini dapat membelajarkan siswa di SMP Muhammadiyah Kupang untuk terlibat aktif dalam memecahkan masalah-masalah autentik dan siswa bisa lebih mengasah kemampuan berpikir kritisnya, disamping menguasai materi yang dipelajarinya adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw. Akan tetapi, efektivitas model ini kembali dipertanyakan apakah masih relevan dengan keadaan siswa dewasa ini, dan apakah model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw memberikan efek bagi peningkatan hasil belajar siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Muhammadiyah Kupang yang berjumlah 26 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design, jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa per individu, tuntas 83,85 dan secara klasikal 92,31. Proporsi indikator rata-rata mencapai 0,83. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok pertumbuhan dan perkembngan makhluk hidup di SMP Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang