DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan di SMP Negeri 2 Fatuleu Barat Kabupaten Kupang Tahun Aja
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
JAITA, Kresensiana H. F. Nona
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-19 06:01:59 
Abstract :
Pendidikan merupakan fondasi dari kecerdasan suatu bangsa yang tercantum melalui proses kegiatan belajar mengajar, untuk itu seorang pendidik mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Demi tercapainya prestasi belajar siswa guru dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam mengimplementasikan model pembelajaran. Dalam hal ini model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif.Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut kerja sama dimana siswa belajar dalam kelompok kecil, saling membantu untuk memahami suatu pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan Student Teams Achievement Division. Model pembelajaran kooperatif dalam penelitian ini diterapkan pada materi pokok Struktur dan fungsi Jaringan pada Tumbuhan. Masalah pokok pada penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada tumbuhan di SMP Negeri 2 Fatuleu Barat Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada tumbuhan di SMP Negeri 2 Fatuleu Barat Kabupaten Kupang tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Fatuleu Barat Kabupaten Kupang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group PretestPostest Design dengan analisis statitistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rerata ketuntasan belajar siswa perindividu 90,24 (tuntas) dan secara klasikal 95,24% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,89 (tuntas), dan sensitivitas butir soal 0,76 ? 0,30 (sensitif) sehingga mempunyai efek dalam pembelajaran. Reliabilitas instrumen aktivitas siswa 92,99 (baik), skor rerata guru dalam mengelola pembelajaran 3,77 (baik), dan reliabilitas instrumennya 97,72 (baik). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan Student Teams Achievement Division efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi pokok Struktur dan Fungsi Jaringan pada tumbuhan di SMP Negeri 2 Fatuleu Barat Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang