DETAIL DOCUMENT
Uji Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang Tahun Ajaran 2014/2015
Total View This Week0
Institusion
Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
Author
PAYONG, Maria Karolina Ina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-10-19 06:06:35 
Abstract :
Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Masalah yang dihadapi di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang adalah rata-rata nilai ujian akhir yang masih sangat rendah dan belum memenuhi harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang tahun ajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan rerata hasil belajar siswa per individu 82 (tuntas) dan secara klaksikal 92% (tuntas). Rerata proporsi indikator 0,83 (tuntas) dan rerata sensitivitas butir soal 0,49 (sensitif). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan jigsaw efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi pokok sistem gerak pada manusia di SMP Reformasi Plus Noelbaki Kabupaten Kupang tahun ajaran 2014/2015. 
Institution Info

Universitas Katolik Widya Mandira Kupang